Issac Newton

Sir Isaac Newton, (4 Januari 1643 – 31 Maret 1727; KJ: 25 Desember 1642 – 20 Maret 1727) adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi dan juga ahli kimia yang berasal dari Inggris. Beliau merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika modern.

Dengan berbagai hasil karya ilmiah yang dicapainya, Newton menulis sebuah buku Philosophiae Naturalis Principia Mathematica, dimana pada buku tersebut dideskripsikan mengenai teori gravitasi secara umum, berdasarkan hukum gerak yang ditemukannya, dimana benda akan tertarik ke bawah karena gaya gravitasi. Bekerja sama dengan Gottfried Leibniz, Newton mengembangkan teori kalkulus. Newton merupakan orang pertama yang menjelaskan tentang teori gerak dan berperan penting dalam merumuskan gerakan melingkar dari hukum Kepler, dimana Newton memperluas hukum tersebut dengan beranggapan bahwa suatu orbit gerakan melingkar tidak harus selalu berbentuk lingkaran sempurna (seperti elipse, hiperbola dan parabola). Newton menemukan spektrum warna ketika melakukan percobaan dengan melewati sinar putih pada sebuah prisma, dia juga percaya bahwa sinar merupakan kumpulan dari partikel-partikel. Newton juga mengembangkan hukum tentang pendinginan yang di dapatkan dari teori binomial, dan menemukan sebuah prinsip momentum dan angular momentum.

Pendapat Kepala Akademi Ilmiah Berlin tentang Newton: “Newton ialah seorang jenius besar yang pernah ada dan paling beruntung, yang tak bisa kita temukan lebih dari suatu sistem dunia untuk didirikan.”

Masa-masa Awal Isaac Newton

Newton dilahirkan di Woolsthorpe-by-Colsterworth, hamlet di county Lincolnshire lahir secara prematur, dimana saat itu bayi prematur tidak diharapkan kehadirannya di dunia. Ayahnya, Isaac, meninggal tiga bulan sebelum kelahiran Newton, dan dua tahun kemudian ibunya, Hannah Ayscough Newton, menikah dengan lelaki lain dan meninggalkan Newton dengan neneknya. Newton merupakan kanak-kanak pintar.

Berdasarkan pernyataan E.T. Bell (1937, Simon and Schuster) dan H. Eves:

Newton memulai sekolah saat tinggal bersama neneknya di desa dan kemudian dikirimkan ke sekolah bahasa di daerah Grantham dimana dia akhirnya menjadi anak terpandai di sekolahnya. Saat bersekolah di Grantham dia tinggal di-kost milik apoteker lokal yang bernama William Clarke. Sebelum meneruskan kuliah di Universitas Cambridge pada usia 19, Newton sempat menjalin kasih dengan adik angkat William Clarke, Anne Storer. Saat Newton memfokuskan dirinya pada pelajaran, kisah cintanya dengan menjadi semakin tidak menentu dan akhirnya Storer menikahi orang lain. Banyak yang menegatakan bahwa dia, Newton, selalu mengenang kisah cintanya walaupun selanjutnya tidak pernah disebutkan Newton memiliki seorang kekasih dan bahkan pernah menikah.

Sejak usia 12 hingga 17 tahun, Newton mengenyam pendidikan di sekolah The Kings School yang terletak di Grantham (tanda tangannya masih terdapat di perpustakaan sekolah). Keluarganya mengeluarkan Newton dari sekolah dengan alasan agar dia menjadi petani saja, bagaimanapun Newton terlihat tidak menyukai pekerjaan barunya. Tapi pada akhirnya setelah meyakinkan keluarga dan ibunya dengan bantuan paman dan gurunya, Newton dapat menamatkan sekolah pada usia 18 tahun dengan nilai yang memuaskan.

Sumber: Wikipedia

4 responses to “Issac Newton

  1. Kutipan:”…bapak ilmu fisika modern” ( paragraf 1).

    Maaf ya Bu.
    Cuma mungkin ada gunanya, bila terlebih dahulu pengertian ilmu fisika modern dijelaskan terlabih dulu.

    Karena justru salah satu tonggak pembeda antara fisika klasik dan modern adalah anggapan akan ada/tidaknya kecepatan absolut.

    Pandang persamaan energi kinetik newtonian,
    energi=massa kali setengah dari kuadrat kecepatan.

    Sekilas, tampak dari rumusan di atas, bahwa kita bisa mempercepat, katakanlah suatu partikel subatomik, hanya dengan memperbesar energinya.

    Lewat rumusan,
    kecepatan=akar dari pembagian 2 kali energi terhadap massa.

    Nyatanya, dari eksperimen, tidak pernah melampaui nilai konstanta kecepatan cahaya.

    Sesuatu yang harus kita akui, tidak terpikirkan oleh Newton ketika merumuskan persamaan energi kinetik di atas.

    Jadi, Saya khawatir kalimat yang dikutip di atas,
    kurang tepat.

  2. Pertama, saya ucapkan terima kasih atas apresiasinya.
    Seperti yang saya tulis di atas, tulisan itu saya ambil dari wikipedia, saya copy paste-kan (mungkin anda pikir saya tidak kreatif ya :)?), http://id.wikipedia.org/wiki/Isaac_Newton.

    Masalahnya adalah anda keberatan jika Newton dikatakan sebagai bapak fisika modern, begitu kan?
    Andai anda rasa itu memang keliru, saran saya coba saja anda revisi di sumber aslinya seperti yg saya sebutkan di atas. Terus terang, saya merasa tidak berkompeten untuk melakukan itu, karena fisika memang bukan bidang saya.Tulisan di blog ini, saya revisi kalo sudah ada perubahan di sana.

    Sebenarnya saya juga bingung, ketika saya klik catatan kaki “fisika” di tulisan itu (dalam tulisan aslinya), saya dapatkan Hukum Newton ttg gerak itu masuk topik mekanika klasik (artinya masuk ranah fisika klasik), btul ga bgitu?

  3. ada award untuk anda di bloq quhhh

    silahkan diambil

  4. Tidak mungkin ada yang modern kalau tidak didahului oleh yang klasik. Jadi, menurut saya tidak salah juga kalau dibilang Newton adalah bapak ilmu fisika modern.
    Malah di zamannya Newton, ilmu fisikanya pasti dianggap paling modern.
    Mungkin komentar saya terasa tidak ilmiah, maaf saja. Fisika bukan bidang saya, apalagi matematika. Tolong jangan dihapus ya, apalagi di-block.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s